Mengenal dan mengidentifikasi 16 jenis elang di Pulau Jawa

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

15. Elang perut-karat / rufous-bellied eagle 

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Elang perut-karat (Hieraaetus kienerii) memiliki tubuh agak kecil dan jambul pendek yang cukup unik. Elang ini jarang terlihat, namun merupakan penghuni tetap pada daerah-daerah berketinggian hingga 1.500 meter dari permukaan laut.

elang perut karat
Burung elang perut-karat.

Burung elang perut-karat memiliki bulu berwarna cokelat kemerahan, hitam, dan putih, dengan jambul pendek. Burung dewasa memiliki warna hitam pada mahkota, pipi, dan tubuh bagian bawah.

Adapun ekornya cokelat dengan garis hitam tebal dan ujung putih. Dagu, tenggorokan, dan dada putih bercoret hitam. Bagian sisi tubuh, perut, paha, dan bawah ekor cokelat kemerahan, dengan coretan hitam perut.

Saat terbang terlihat bercak bulat pucat pada pangkal bulu primer. Pada burung remaja, tubuh bagian atas cokelat kehitaman dengan bercak kehitaman pada mata. Alis dan tubuh bawah keputihan. Iris merah, paruh kehitaman, dan kaki kuning.

Elang ini mendiami kawasan pinggir hutan, dan sering berputar-putar atau meluncur rendah dari atas pohon. Mereka sering terbang mengitari teritorinya, lalu menyerang secara cepat mangsanya yang ada di permukaan tanah atau pada tajuk pohon.

Berikut ini penampilan elang perut-karat saat terbang:

Identifikasi elang perut karat pada waktu sedang terbang
Penampilan elang perut-karat saat terbang.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Sebelumnya | Berikutnya | Halaman Awal

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.